Terbaru - √ Panduan Ujian Praktek Smp Tahun 2020
Berikut Panduan Ujian Praktek SMP Tahun 2020-2020 untuk Mata Pelajaran IPA Terpadu
Pendahuluan
Berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia no. 45 tahun 2020 pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya disebut US/M yaitu acara pengukuran dan evaluasi kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan pengukuran dan evaluasi dalam kemampuan psikomotorik berupa aktivitas praktikum mata pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester 1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam aktivitas pengukuran dan penilaian sebagaimana dimaksud diatas ,dengan ini Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memberi petunjuk tehnis dan panduan materi praktikum yang sanggup dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu kepada kemampuan satuan pendidikan.
Sebaran Materi
Materi meliputi seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Kisi-Kisi Materi
Materi ujian sanggup dipilh dari kompetensi yang ada dengan pola perbandingan kelas 7,kelas 8 dan kelas 9 ialah 2 : 3 : 5
Mekanisme Pelaksanaan
- Setiap siswa menerima materi fisika, biologi dan kimia dengan pengaturannya diubahsuaikan pada kebijakan sekolah masing-masing. Dalam panduan ini disediakan materi-materi untuk diujikan dalam praktek. Masing-masing sekolah sanggup memilih materi ujian praktek yang sesuai dengan alat yang dimilki sekolah.
- Semua alat dan materi praktikum sebaiknya disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga kerahasian materi yang akan diujikan dalam praktikum.
- Jika alat dan materi yang diperlukan tidak mencukupi maka ujian praktek sanggup dilakukan dengan system kerja kelompok
Teknis Pelaksanaan
- Ruang pengujian didesain sedemikian rupa, sehingga akseptor ujian sanggup melaksanakan kegiatan dengan tertib tidak terganggu oleh sahabat yang berada didekatnya.
- Dalam tiap ruang disiapkan 5 atau 6 jenis materi ujian praktek,maksimal tersedia sebanyak 4 set untuk setiap materi ujian praktek.
- Dalam satu ruangan ujian praktek sanggup menampung 20 peserta ujian
- Setiap sessi memerlukan waktu 90 menit
- Peserta ujian mengenakan jas lab ( kalau ada ) dan masuk ke dalam ruangan praktikum hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
- Peserta ujian wajib mengerjakan semua aktivitas yang tersedia dengan mengisi lembar aktivitas dan setiap mata ujian praktek diselesaiakan dalam waktu 15 menit
Pengajuan dan Penilaian
- Guru bukan hanya bertindak sebagai pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan penguji dalam proses kegiatan ujian praktek.
- Penguji harus mengamati cara kerja dari persiapan sampai tanggapan dan menilik lembar acara masing-masing dengan skor yang sesuai dengan pedoman penskoran.
- Penilaian sanggup dilakukan penskoran dari skor proses dan skor laporan acara praktikum..
- Penilaian berdasarkan pada rumus berikut ini :
Nilai = Jumlah Skor
Pedoman Penskoran
No. | Aspek Yang Dinilai | Skor |
1. 3. | Persiapan:
Proses :
Laporan :
| 0 – 5 0 – 5 0 – 15 0 – 15 0 – 10 0 – 5 0 – 5 0 – 10 0 – 10 0 – 10 0 – 10 |
Jumlah Max | 100 |
Materi dan Judul Praktikum
No. | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | JUDUL PRAKTIKUM |
1. | KELAS VII 1. Memahami mekanisme ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan memakai peralatan | 1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan memakai alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari | 1. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar | 1. Pengukuran volum / massa / waktu |
2. | 2.Memahami kalsifikasi zat | 2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-materi yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari | 2.Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam contohnya dengan memakai kembang sepatu | 2.Mengelompokan larutan asam, basa dan garam |
3. | 3.Memahami wujud zat dan perubahannya | 3.2. Mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari-hari | 3. Merencanakan percobaan sederhana ihwal pengukuran masa jenis | 3. Menentukan masa jenis zat |
4. | 5.Memahami tanda-tanda-gejala alam melalui pengamatan | 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati tanda-tanda-gejala kehidupan | 4.Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis) | 4.Menggunakan mikroskop untuk pengamatan preparat segar atau preparat awetan |
5. | 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup | 6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki | 5.Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati | 5.Mengklasifikasikan binatang atau tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya |
6. | KELAS VIII 1.Memahami banyak sekali sistem dalam kehidupan insan | 4.1 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada insan dan dan hubungannya dengan kesehatan | 6. Mendeskripsikan jenis masakan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya | 6. Melakukan uji materi masakan untuk mengetahui adanya amilum protein dan lemak yang tedapat pada masakan tertentu |
7. | 2. Memahami sistem dalam kehidupan flora | 2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada flora hijau | 7. Melakukan dan menciptakan laporan hasil percobaan fotosintesis | 7.Melakukan percobaan fotosintesis |
8. | 5. Memahami peranan perjuangan, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari | 5.4 Melakukan percobaan ihwal pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 8. Melakukan kegiatan untuk menggolongkan alat-alat yang disediakan kedalam jenis tuas,karol dan bidang miring | 8. Menggolongkan tuas, katrol dan bidang miring |
9. | 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari | 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan aneka macam bentuk cermin dan lensa | 9. Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung atau lensa cekung dan lensa cembung | 9.Menentukan bayangan benda pada cermin atau lensa |
10. | KELAS IX 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan insan | 1 .1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada insan dan hubungannya dengan kesehatan | 10. Mendiskripsikan proses dan fungsi organ ekskresi pada insan | 10. Menjelaskan proses dan fungsi organ ekskresi dengan carta atau torso |
11. | 1. Memahami banyak sekali sistem dalam kehidupan manusia | 1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada insan dan hubungannya dengan kesehatan | 11.Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi | 11. Menentukan fungsi otak ,sumsum tulang belakang pada carta atau torso |
12. | 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup | 2.3 mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya | 12.memilih rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida | 12. Persilangan monohibrid dan persilangan dihibrid |
13. | 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 13. Membuat rangkaian komponen listrik dengan aneka macam variasi baik seri maupun paralel | 13. Menyusun rangkaian listrik seri / paralel |
14. | 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 14. Melakukan percobaan pengukuran kuat arus dan mengukur tegangan dengan menggunakan alat ukur dalam suatu rangkaian | 14. Pengukuran kuat arus dan tegangan pada suatu rangkaian |
15. | 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik | 15. Menjelaskan kekerabatan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan | 15. Menyelidiki timbulnya GGL dan arus induksi |
Sumber https://wirahadie.com
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - √ Panduan Ujian Praktek Smp Tahun 2020"
Posting Komentar